Selasa, 27 November 2012


PERALATAN PEKERJAAN KAYU
>. Peralatan Pekerjaan Kayu
ž  Peralatan untuk menggambar,
ž  Peralatan pengukur,
ž  Peralatan untuk pengerjaan,
ž  Peralatan pemutar,
ž  Peralatan penjepit,
ž  Peralatan finishing.

>. Peralatan tangan yang sering digunakan pada pekerjaan kayu
  ž Alat tulis : Untuk memberikan tanda dan gambar pada bahan kayunya. Dapat menggunakan pensil, spidol, atau kapur.
    ž Meteran : Alat untuk mengukur panjang, lebar, dan tinggi suatu benda kerja biasanya menggunakan alat ukur meteran. Jenis meteran yang sering digunakan pada pekerjaan kayu adalah, mistar baja dan  rol meter yang memiliki skala dalam satuan cm dan inchi.
ž      Siku – siku : Untuk memeriksa kesikuan, kerataan, atau membuat sudut 45° dan 90°.

ž Gergaji : Gergaji dibagi menjadi dua macam yaitu gergaji pemotong dan gergaji pembelah. Gergaji potong digunakan untuk memotong kayu. Arah menggergaji tegak lurus arah serat kayu. Gergaji pembelah digunakan untuk membelah kayu. Arah menggergaji searah dengan arah serat kayu. Jenis lain yang digunakan adalah gergaji gerek, gergaji punggung.

ž Ketam Tangan : Ketam  adalah alat untuk mengiris kayu, artinya untuk meratakan dan meluruskan serta menghaluskan permukaan kayu. Macam ketam yang sering digunakan adalah : 1.Ketam dari kayu,
                             2.Ketam dari besi,
                             3.Mesin ketam.
 Jenis ketam berdasarkan fungsinya antara lain ketam blok (metal block plane), ketam kasar (metal jack plane), ketam penghalus (metal smooth plane).
ž Pahat Kayu : Dalam pekerjaan kayu, alat untuk melubang dapat menggunakan pahat kayu atau bor tangan. Pemahatan dilakukan dengan menggunakan palu kayu atau palu besi. Jenis pahat yang sering digunakan pada pekerjaan kayu adalah pahat lubang dan pahat tusuk. Pahat lubang digunakan dengan cara memukul tangkai pahat. Oleh karena itu, pada bagian ujung tangkai diperkuat dengan ring besi atau cincin besi agar tidak mudah retak atau pecah. Pahat tusuk digunakan untuk menghaluskan dan merapikan hasil pahatan.
ž Bor Tangan : Bor disebut juga penggerek, fungsinya untuk membuat lubang bulat pada benda pekerjaan. Bor tangan dilengkapi dengan tangkai pemutar atau engkol yang fungsinya menggerakkan mata bor. Jenis bor lain yang digunakan pada pekerjaan kayu adalah bor tangan listrik dan mesin bor.

ž Perusut : Perusut merupakan alat bantu untuk melukis garis sejajar terhadap sisi bidang kayu memanjang yang sudah diketam. Seperti membuat garis untuk sponing, membuat dua garis untuk lubang yang akan di pahat.

segala informasi . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates